TUTORIAL PRAMUKA BERAWAL | PRAMUKA DAN SEGALANYA

Kamis, 04 April 2013

TUTORIAL PRAMUKA BERAWAL

PRAMUKA singkatan dari PRAJA MUDA KARANA yang artinya Orang Muda Yang Berkarya. 
TUTORIAL PRAMUKA BERAWAL
TUTORIAL PRAMUKA BERAWAL

Ini adalah catatan-catatan kecil dari apa yang saya alami dan dapatkan dalam mengikuti organisasi kepanduan ini. Berawal dari hobi untuk mendalami SURVIVAL (Ilmu Bertahan Hidup di Alam Terbuka), akhirnya pada tahun 1993 saya putuskan untuk mengikuti kegiatan EkstraKurikuler "PRAMUKA". Waktu itu saya baru duduk di bangku kelas I Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMKN 2 d/h SMEAN 1 GAMBIR JAK-PUS).

Mungkin karena pada waktu sekolah SD dulu tidak pernah mengikuti kegiatan PRAMUKA yang notabene tidak ada, dikarenakan SD tempat saya sekolah minim fasilitas dikarenakan cuma sekolah Petang, saya sangat bersemangat mengikuti setiap arahan senior, dan kegiatan di tingkat sekolah, ranting bahkan tingkat Daerah.

Kesempatan ini tidak saya sia-siakan, berawal dari kegiatan seleksi calon siswa Brigade Penolong ke 3 tahun 1994 di  tingkat Kwartir Cabang Jakarta Pusat, akhirnya saya terpilih mewakili Kwarcab untuk mendapatkan PENDIDIKAN DASAR BRIGADE PENOLONG di tingkat Kwartir Daerah DKI Jakarta.  Banyak pelajaran yang saya dapat tentang Kepramukaan dan tentang arti hidup.  Banyak pula sahabat baru yang saya dapat selama seminggu penuh mengikuti kegiatan ini, walaupun saya harus bolos dari sekolah selama seminggu penuh. "Pikirku tak apalah, demi mencari pengalaman...dan menambah kawan" ucapku dalam hati
TUTORIAL PRAMUKA BERAWAL


2 komentar: